Monday, August 13, 2007

sehat ala rosullulah


SEHAT ALA ROSULULLAH S. A. WA
Rosulullah Saw bersabda : mukmin yang kuat adalah lebih baik dan lebih di cintai dari pada mukmin yang lemah (HR Muslim)
Bagaiman agar senantiasa sehat seperti rosulullah? Ini dia resepnya ;
Selalu bangun sebelum subuh
Rosulullah selalu mengajak umatnya untuk bangun sebelum subuh, melaksanakan solat subuh dan solat fardu, shalat subuh berjamaah. Hal ini memberi hikmah yang mendalam antara lain
berlimpah pahala dri Allah
kesegaran udara subuh yang bagus untuk kesehatan/ terapi penyakit
memperkuatkan pikiran dan menyehatkan perasaan

Aktif menjaga kebersihan
Rosul slalu senantiasa rapi, dan bersih. Setiap hari jumat atau kamis beliau mencuci rambut-rambberbaring
ut halus dipipi, slalu memotong kuku, bersisir dan berminyak wangi.” Mandi pada hari jum’at adalah wajib bagi orang-orang dewasa, demikian pula menggosok gigi dan memakai harum-harum(HR Muslim)
Tidak pernah banyak makan
Sabda Rosul : kami adalah segolongan umat yang tidak makan sebelum lapar dan apabila kami makan tidak terlalu kekenyang (muttafakun Alaih)
Ketauilah bahwa dalam tubuh manusia terdapat tiga ruang untuk tiga benda : sepertiga untuk udara, sepertiga lainnya untuk makanan, bahkan ada satu tarbiyah khusus bagi umat islam dgn adanya puasa ramadhan untuk menyeimbangkan kesehatan.

Gemar berjalan kaki
Rosul selalu berjalan kaki ke masjid, pasar, medan jihad, mengunjungi rumah sahabat, dan sebagainya. dengan berjalan kaki keringat akan mengalir dan pori-poriterbuka dan juga peredaran darah akan menjadi lancer dan ini penting untuk mencegah penyakit jantung.

Tidak pemarah
Nasihat rosulullah : “jangan marah” di ulangi sampai 3 kali. Ini menunjukan hkikat kesehatan dan kekuatan muslim bukanlah terletak pada jasadiah saja, tetapi lebih jauh dilandasi olehkebersihan dan kesehatan jiwa. Ada terapi untuk menahan marah :
mengubah posisi ketika marah, bila berdiri maka duduk, dan apabila duduk maka ia berbaring
Membaca ta’awudz, karna manusia itu berasal dari syaithon
Segerlah berwudhu
Shalat dua rakaat untuk meraih ketenangan dan menghilangkan kegundahan hati

Optimis dan tidak putus asa
Sikap optimis akan memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi kelapangan jiwa sehingga tetap sabar, istiqomah dan bekerja keras, serta tawakal kepada Allah SAW

Tak pernah iri hati
Untuk menjaga kestabilan hati dan kesehatan jiwa, mentalitas maka menjauhi iri hati merupakan tindakan preventive yang sangat tepat

0 comments:

 

::....mEngGapAiRidhAiLaHi..::: hanya sebuah coretan kecil dari berlembar-lembar cerita yang kulalui Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template