Friday, March 13, 2009

10 Mitos Seputar Tidur


Benarkah mendengkur bisa diobati? Apakah berat badan kita berpengaruh pada pola tidur? Ada berbagai jawaban mengenai hal itu dan sebagian adalah berupa mitos.Yang mana yang benar?

Mitos #1: Mengorok sangat mengganggu, tetapi tidak terlalu berbahaya. Siapa bilang? Yang jelas, mengorok sangat mengganggu bagi teman tidurnya atau bagi orang yang tidur di kamar yang sama atau bahkan di rumah yang sama. Mengorok dapat merupakan tanda-tanda orang tersebut mengidap gangguan pada tidur atau yang disebut apnea.

Mitos #2: Mengorok dapat diobati, yaitu dengan cara menggunakan alat khusus. Walaupun berbagai macam cara dapat dilakukan untuk mengatasi masalah mendengkur dengan menggunakan alat khusus, hal ini berbahaya. Konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Mungkin dokter akan memberikan resep khusus untuk mengatasi masalah tersebut.

Mitos #3: Tubuh dapat beradaptasi paling tidak hanya dengan tidur selama dua atau tiga jam. Walaupun kebutuhan tidur setiap orang tidak sama, 8 jam setiap malam adalah jumlah jam yang disarankan untuk tidur setiap malam. Bila tidur kurang dari 6 jam semalam, dapat mempengaruhi kesehatan Anda, baik fisik maupun mental.

Mitos#4: Bila kurang tidur beberapa jam semalam, Anda dapat menggantinya pada malam berikutnya. Hal ini tidak benar. Kekurangan tidur tidak pernah bisa digantikan. Anda dapat tidur sesuai jadwal

keesokan malamnya tetapi tetap tidak dapat menggantikan kekurangannya.

Mitos #5: Mengonsumi minuman beralkohol sebelum tidur dapat membuat tidur nyenyak. Memang sih, alkohol memberikan efek penenang dan dapat membuat Anda mengantuk lalu tertidur. Tetapi ketenangan tidur tersebut hanya berlangsung selama 3-4 jam. Lalu, minuman yang menenangkan tersebut mulai mengganggu pola tidur Anda. Bentuk gangguan bisa berupa terbangun tengah malam, mimpi buruk, dan sakit kepala. Bila ingin tidur nyenyak, sebelum tidur minum susu hangat, teh herbal hangat, atau temukan cara lain selain minum alkohol.


Mitos #6: Berat badan tidak ada hubungannya dengan cara tidur. Hal ini jauh dari benar. Orang yang gemuk biasanya lebih banyak mendengkur. Penderita obesitas umumnya mengidap gejala apnea. Tambahan lagi, bila mengidap obesitas, posisi tidur sangat terbatas, tidak dapat menggerakan badan sesuka hati.

Mitos #7: Mimpi buruk dan nightmare merupakan hal yang sama. Kedua jenis ini merupakan gangguan yang berbeda. Mimpi buruk merupakan mimpi yang menyeramkan. Bila terbangun tengah malam karena mimpi buruk, si pemimpi dapat ingat akan mimpinya sampai hal yang sekecil-kecilnya. Sementara nightmare merupakan hal yang menakutkan. Si pemimpi, pada waktu terbangun tengah malam, biasanya tidak dapat mengingat apa yang membuat dia takut tetapi gejala teror tetap ada dan membutuhkan waktu untuk kembali tenang.

Mitos #8: Enuresis /mengompol adalah jenis gangguan yang hanya dialami oleh anak-anak. Enuresis /mengompol memang lebih sering dialami oleh anak-anak, tetapi orang dewasa dapat mengalaminya dan biasanya bisa menimbulkan berbagai macam masalah. Ada beberapa metode untuk mengatasi enuresis. Baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Mitos #9: Sebaiknya jangan menggunakan alarm untuk membangunkan Anda. Dulu hal ini dibenarkan tetapi penelitian membuktikan, selama alarm tidak mengejutkan, hal ini tidak masalah.

Mitos #10: Jumlah jam tidur kaum manula/orang tua biasanya lebih sedikit dibanding orang muda. Hal ini tidak benar. Pada dasarnya, manusia membutuhkan jumlah jam tidur yang sama, baik tua maupun muda. Kaum manula, biar bagaimanapun, memiliki masalah-masalah khusus yang menghalangi mereka untuk tidur sesuai dengan yang mereka butuhkan.

2 comments:

Tulus ToEL on March 14, 2009 at 9:46 AM said...

alhamdulillaah.. masih doyan tidur.. dari jam 10 ampe jam 6 kurang (dulu) atau jam 11/12 ampe jam 6 kurang (skrg)

ryantie soraya on March 21, 2009 at 10:41 PM said...

oke lah tu ada kemajuan....lebih sejam tidur lambar.........hehe....

 

::....mEngGapAiRidhAiLaHi..::: hanya sebuah coretan kecil dari berlembar-lembar cerita yang kulalui Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template